Latest News

Antibiotik Alami Untuk Ikan Lele

Antibiotik merupakan salah satu obat terpenting yang harus disiapkan oleh para pembudidaya ikan untuk penanganan berbagai macam jenis penyakit pada ikan yang disebabkan oleh bakteri. Akan tetapi dalam berbudidaya ikan secara profesional kita dilarang menggunakan antibiotik yang  memiliki kandungan tertentu yang memang bisa membahayakan lingkungan dan orang yang memakan ikan hasil budidaya.




Apapun jenis antibiotik sintetis/pabrikan meninggalkan residu pada ikan yang telah diberi antibiotik tersebut dan akan berbahaya apabila dimakan oleh seseorang yang menderita penyakit tertentu yang terpicu dari residu antibiotik pada ikan yang di makan.
Maka dari itu secara profesional kita sebisa mungkin harus meninggalkan antibiotik sintetis dan menggantinya menggunkan antibiotik alami yang bahan bahannya bisa kita cari di alam sekitar kita. Kita bisa menggunakan daun tumbuh-tumbuhan dilingkungan kita yang memang memiliki kandungan antibiotik alami seperti daun jambu biji, daun sirih, daun sambiloto, daun pepaya dll yang memiliki jenis antibakteri yang yang berbeda beda.
Carilah daun daun tersebut secukupnya dan diambil ekstraknya atau bisa ditumbuk halus kemudian direbus dengan air secukupnya. Kemudian hasil rebusan setelah dingin bisa di aplikasikan untuk kesehatan lele, bisa di campurkan dengan pakan juga bisa langsung disiramkan kedalam kolam. Lakukan setiap seminggu sekali untuk pencegahan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri.
Sedikit informasi mengenai antibiotik ini semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "Antibiotik Alami Untuk Ikan Lele"