Latest News

Mengenal Ikan Lele Lebih Dalam

Mau belajar budidaya ikan lele? Yuk, Lihat beberapa informasi tentang ikan lele serta persiapan yang harus dipersiapkan di bawah ini:

·  Mengenal karakter lele


Ikan lele merupakan spesies ikan yang hidup di air tawar, ada pula yang menyebutnya sebagai ikan keli. Karakternya hampir semua orang tahu, karena ciri khasnya yang unik, yaitu memiliki tubuh yang lentur dan sedikit pipih serta panjang yang mecorong kecil kebelakang. Keunikan lele adalah rongga kepala yang sedikit besar dan lebar serta kumisnya yang selalu mudah diingat oleh setiap orang. Jika dipegang banyak sekali lendir sehingga licin dan sulit untuk di tangkap.

Dari hasil penelitian, lele belum pernah ditemukan di air yang asin. Kehidupannya berada di lingkungan air dengan arus yang tenang alias tidak besar. Biasanya Anda bisa melihat lele di daerah yang penuh dengan rawa, sawah yang menggenang air minimal setengah betis, kemudian daerah waduk dan telaga. Kekuatan lele di tempat air yang memiliki kadar kekentalan yang realitf tebal serta gelap sangatlah disukainya, bahka dari beberapa uji coba, tempat got atau sebuah selokan pembuangan mereka masih bisa hidup disana dan berkembang biak.
Lele yang perlu Anda ketahui adalah spesies yang lebih suka mencari makan di malam hari, ketika di siang hari lele akan bersembunyi mencari tempat yang gelap. Sehingga wajar untuk setiap tambak ikan lele, jarang sekali terlihat lele keluar dari dasar air, mereka selalu di dalam walaupun sesekali mereka ke atas dasar air.

·   Mengenal jenis lele


Lele yang Anda sering kenal dan dengar adalah lele sangkuriang atau jenis lain seperti lele dumbo, tetapi jika ingin diperdalam lagi, jenis lele di Indonesia ternyata ada empat, yaitu:
-    Lele lokal
-    Lele Sangkuriang
-    Lele Dumbo
-    Lele Phyton

·   Mempersiapkan perencanaan dalam memelihara ikan lele


Dalam mempersiapkan pembudidayaan ikan lele, Anda harus mengenal dua hal tipe kolam yang biasa digunakan para ahli lele. Yaitu tipe kolam dan tipe galian atau istilah lain adalah tipe kubangan. Untuk menentukan kedua tipe ini, alangkah baiknya melihat situasi dan kondisi lingkungan Anda. Karena kondisi lingkungan akan mempengaruhi kehidupan lele untuk waktu kedepannya.
Kemudian,  untuk teknisnya, pembudidayaan harus memiliki lahan yang cukup untuk bisa menampung empat kolam di bawah ini, yaitu:
  1. Kolam khusus plankton, kolam ini dibuat sengaja untuk mempersiapkan kondisi iklim air yang telah diberikan pupuk agar memiliki banyak hewan plankton, sehingga bisa digunakan untuk segala keperluan kolam lainnya.
  2. Kolam khusus Induk, sebagai tempat ikan lele yang sudah besar, bercampurnya antara lele betina dan jantan, untuk masuk kepada proses kolam berikutnya yaitu perkawinan silang.
  3. Kolam khusus perkawinan, kolam ini dikhususkan untuk proses reproduksi antara betina dan jantan, kemudian pada kolam khusus bagian perkawinan harus dipersiapkan juga beberapa tempat seperti sarang yang sengaja dibuat, agar mereka bisa melakukan perkawinan tanpa terganggu dengan ikan lele lainnya.
  4. Kolam khusus penetasan, ketika sudah bertelur kemudian menetas, kolam ini berfungsi untuk membesarkan anak lele yang telah berumur kurang lebih tiga sampai empat hari. Karena mereka masih berbentuk sangat kecil, makanan yang mereka butuhkan pun berbeda, oleh sebab itu sangatlah berhati-hati dalam memindahkannya.

·   Manfaat memelihara ikan lele


Ikan lele sangatlah banyak manfaatnya untuk manusia, beberapa hal yang sudah terbukti, yaitu:
  1. Memelihara ikan lele, bisa membuat sebuah usaha sebagai pemasok lele ke berbagai tempat restoran dan tempat penjualan masakan yang bernuansa ikan. Karena kebutuhan di Indonesia lele masih kekurangan pasokan hingga 65% di seluruh kota-kota besar.
  2. Kandungan ikan lele kaya akan berbagai macam vitamin, serta bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Oleh sebab itu, lele sampai saat ini masih menjadi makanan terfavorit di semua kalangan.
Demikian beberapa informasi mengenai budidaya ikan lele yang mungkin bisa menjadi tambahan informasi bagi Anda tentang karakter dari ikan lele serta pengenalan secara umum kolam yang harus Anda persiapkan untuk memelihara dan mengembangkan ikan lele di daerah Anda.

0 Response to "Mengenal Ikan Lele Lebih Dalam"