Latest News

Pemberian Pakan Lele

Membeli atau membuat pakan lele tentu sudah menjadi hal yang wajib dilakukan saat memutuskan untuk memulai usaha ternak lele. Menjalankan budidaya ikan lele memang terlihat mudah namun sebenarnya tidak terlalu sulit dan tidak terlalu sulit juga untuk dilakukan. Ada banyak jenis ikan lele yang bisa dibudidayakan. Jenis – jenis ikan lele ini juga memiliki ciri khas masing – masing. Namun, ada jenis ikan lele yang paling banyak dibudidayakan atau bisa dikatakan paling populer dibanding jenis ikan lainnya. Jenis ini adalah jenis lele dumbo atau yang memiliki nama latin Clarias Gariepinus dan ikan lele lokal yang memiliki nama latin Clarias Bathracus.  Ada jenis ikan lele lainnya yang dibudidaya. Namun, untuk jenis selain ikan lele dumbo dan lele lokal ini sudah mulai sulit ditemukan. Berikut  adalah beberapa jenis ikan lele lainnya yang bisa dibudidaya oleh peternak ikan lele.


  • Clarias Bathrachus yang juga dikenal sebagai ikan lele jawa. Sementara di daerah Sumatera Barat ikan ini disebut dengan Ikan Kalang. Dan di daerah Sumatera Utara memiliki sebutan Ikan Maut. Untuk di daerah Kalimantan Selatan, ikan ini disebut dengan Ikan Pintet.
  • Clarias Teysmani yang juga dikenal dengan ikan lele kembang di daerah Jawa Barat. Di daerah padang dikenal sebagai ikan Kalang Putih. Di daerah Sumatera Selatan, ikan ini dikenal sebagai ikan duri. Di daerah Jawa Tengah memiliki sebutan Wais dan di Jawa Barat memiliki sebutan Wiru.
  • Clarias Nieuhofi yang juga diketahui sebagai ikan Lindi di daerah Jawa. Untuk di daerah Sumatera Barat memiliki sebutan Limbat. Di daerah Kalimantan Selatan, ikan ini disebut dengan Kaleh.
  • Clarias Ioiacanthus yang juga dikenal sebagai Ikan Keli di Sumatera Barat. Sementara di Kalimantan Timur disebut dengan Ikan Penang.
  • Clarias Gariepinus yang juga dikenal sebagai Lele Dumbo atau Lele Domba. Nama lain dari ikan ini adalah King Cat Fish yang berasal dari Afrika.


Membuat Pakan Lele Sendiri
Membudidayakan ikan lele ini memerlukan pakan lele yang bagus supaya bisa membuat produktivitas dari lele – lele ini menjadi maksimal. Namun, harga pakan lele yang beredar di pasaran memang tidak murah. Karena  bahan bakunya sendiri kebanyakan diimpor.  Hal ini juga yang sering dikeluhkan para peternak ikan lele. Oleh karena iitu, ada baiknya membuat sendiri pakan lele supaya bisa menghemat biaya untuk pembudidayaan ikan lele. Yang dibutuhkan untuk membuat pakan lele sendiri adalah pengetahuan khusus mengenai kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh lele. Pakan lele ini ada dua jenis yaitu pakan yang mejadi bahan utama dan juga pakan yang menjadi bahan alternatif. Pakan yang menjadi bahan utama ini dibuat dari bahan – bahan yang memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan lele. Dan, untuk pakan tambahan dibuat dari bahan – bahan sisa atau organik yang harganya murah dan tersedia sangat banyak. Pakan lele yang utama ini harus memiliki kandungan lemak, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Kandungan lemak ini akan berfunsi untuk menjadi sumber energi tambahan yang penting. Kandungan protein pada pakan ikan ini memiliki fungsi sebagai sumber energi yang utama. Kandungan protein yang dibutuhkan ikan lele ini perlu sebesar 35% dari berat pakan. Karbohidrat di dalam pakan juga memiliki fungsi sebagai sumber energi. Selain itu, fungsinya adalah menjadi bahan perekat dalam pakan lele. Kandungan karbohidrat pada pakan lele ini sebaiknya 4 sampai 6 %. Kandungan vitamin pada pakan lele membuat pertahanan pada kondisi daya tahan tubuh lele. Kebutuhan vitamin pada ikan lele ini akan menurun seiring dengan pertumbuhan ikan lele.


Waktu Yang Tepat Untuk Memberi Pakan Lele
Membuat pakan lele sendiri memang jadi lebih mudah dan menghemat biata. Namun, jangan lupa pemberian pakan lele ada waktu – waktu tertentu. Pemberian pakan lele ini bisa dilakukan dua kali dalam sehari. Pakan ini bisa diberikan pada saat pagi dan juga saat sore hari. Untuk seminggu sekali, ikan lele ini juga perlu dipuasakan. Dipuasakan di sini berarti tidak diberi pakan lele selama satu hari dalam seminggu. Bahkan pemberian pakan lele bisa sampai 4 kali sehari, semua itu tergantung dari pembudidaya ingin diveri makan berapa kali dalam satu hari, tang terpenting adalah jam pemberian tidak berubah.

Baca Juga Artikel : 

0 Response to "Pemberian Pakan Lele"