Latest News

Budidaya Azolla Untuk Pakan Lele

Pakan merupakan kebutuhan utama untuk tumbuh kembangnya lele, pakan pabrikan dengan harga yang cukup mahal harus  kita berikan kepada lele setiap harinya sangatlah menguras saku kita. Akan tetapi kita bisa mengurangi jatah pakan pelet untuk lele kita dengan cara memberikan santapan tambahan berupa azolla. Cara tersebut adalah salah satu cara cerdas yang dilakukan oleh para pembudidaya lele umtuk mengurangi biaya pembelian pakan. Azolla dengan warna hijau cerah memiliki kandungan protein hampir mencapai 30% ini sangat cocok sekali untuk pakan tambahan dalam budidaya lele.


Azolla tersebut sangat mudah sekali di kembangbiakan, dengan laju pertumbuhan 35% setiap harinya maka sangat cepat sekali azolla tersebut berkembang di dalam satu bak kolam ukuran 2x3 m.
Cara mengembangbikannya sangat sederhana, cukup sediakan kolam kosong yang telah disi air kemudian cari bibit azolla di sekitar lingkungan kita atau membeli dari para penjual dengan harga yang relatif murah. Kemudian azola tersebut kita masukkan kedalam kolam tersebut, usahakan kolam berada di luar dengan terkena sinar matahari yang cukup . Maka azolla akan cepat berkembang dengan pesat sehingga bisa untuk memenuhi kebutuhan makanan tambahan lele kita.

Seorang pembudidaya lele yang cerdas tentunya akan memilih cara yang cerdas pula dalam pemberian makanan tambahan untuk lele yang kita budidayakan, jangan memberikan makanan tambahan yang mengandung bakteri jahat ataupun yang sekiranya tidak pantas untuk diberikan kepada lele kita. Salam cerdas untuk semua pembudidaya lele di indonesia. Gunakan pelet dan makanan tambahan yang sehat layak konsumsi untuk lele kita.

0 Response to "Budidaya Azolla Untuk Pakan Lele"